Sabtu, 09 Mei 2020

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : SD/M
Kelas / Semester           :  5 /2
Pelajaran                       : 6
Tema                            : Pola Gerak Dominan Senam Menggunakan Alat
Sub Tema                     : Gerakan Bertumpu
Pertemuan                    : 1
Alokasi waktu                : 90 menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan mempraktikkan gerakan bertumpu , siswa mampu menjelaskan
makna gerakan bertumpu dalam senam menggunakan alat.
  1. Dengan mempraktikkan gerakan berumpu, siswa mampu mempraktikkan gerakan
bertumpu dalam senam menggunakan alat dengan baik dan benar

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan


v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang gerakan bertumpu dalam senam menggunakan alat. (Communication)
B.    Menanya
1.     Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan.
2.     Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di fahami.
(Critical Thingking and Problem Solving)
C.    Menalar
1.     Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang kegiatan gerakan bertumpu dalam senam menggunakan alat. (Collaboration, Communication)
2.     Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.
3.     Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara gerakan bertumpu dalam senam menggunakan alat dengan bimbingan guru. (Creativity and Innovation)
4.     Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan. (Communication)
5.     Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.
D.    Mencoba
1. Siswa melakukan kegiatan gerakan bertumpu dengan langkah langkah sebagai berikut  : (Creativity and Innovation)
  • Sebelum memulai kegiatan gerakan bertumpu , guru harus mempelajari teknik gerakan bertumpu dalam senam menggunakan alat setahap demi setahap sampai mahir.
  • Guru melakukan gerak pertama yaitu mencontohkan cara bertumpu pada senam menggunakan alat lompat kangkang.
E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya.
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lesan di depan teman dan guru.
(Critical Thingking and Problem Solving)
    150
    menit
Kegiatan
Penutup
1.     Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini. (Critical Thingking and Problem Solving)
2.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
    15
    menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



KASMEN SIGALINGGING
NIP. 196112311984041016
Saornauli Hatoguan,  Mei 2020
Guru Kelas



RIDA .E.SIMANIHURUK,S.Pd
NIP.198409292015042002


1 komentar:

soal PJOK

Memuat…