RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/M
Kelas / Semester :
5 /2
Pelajaran : 6
Tema : Pola Gerak Dominan Senam Menggunakan Alat
Sub Tema : Gerakan Bertumpu
Pertemuan : 1
Alokasi waktu :
90 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan mempraktikkan gerakan
bertumpu , siswa mampu menjelaskan
makna gerakan bertumpu dalam
senam menggunakan alat.
- Dengan mempraktikkan gerakan
berumpu, siswa mampu mempraktikkan gerakan
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca
Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Mengamati
B.
Menanya
1.
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
yang disampaikan.
2.
Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di fahami.
(Critical Thingking and Problem Solving)
C.
Menalar
1.
Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang kegiatan gerakan
bertumpu dalam senam menggunakan alat. (Collaboration, Communication)
2.
Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk
mencoba secara acak.
3.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara
gerakan bertumpu dalam senam menggunakan alat dengan bimbingan guru. (Creativity
and Innovation)
4.
Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan
dilakukan. (Communication)
5.
Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang
akan dilakukan.
D.
Mencoba
1. Siswa melakukan kegiatan gerakan bertumpu dengan langkah
langkah sebagai berikut : (Creativity
and Innovation)
E.
Mengkomunikasikan
(Critical Thingking
and Problem Solving)
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Sebagai penutup, siswa diminta
melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini. (Critical
Thingking and Problem Solving)
2. Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
|
15
menit
|
C. PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
KASMEN SIGALINGGING
NIP. 196112311984041016
|
Saornauli Hatoguan, Mei 2020
Guru Kelas
RIDA .E.SIMANIHURUK,S.Pd
NIP.198409292015042002
|
mantap bu. Perangkat KBM sudah terhubung.
BalasHapus